Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Manfaat Bawang Putih Tunggal Hitam Dan Madu Untuk Kesehatan Ibu Hamil, Penderita Diabetes, Bagi Pria, Asam Lambung, Asam Urat, Darah Tinggi

 Apa Manfaat Bawang Putih Tunggal Hitam Dan Madu Untuk Kesehatan Ibu Hamil, Penderita Diabetes, Bagi Pria, Asam Lambung, Asam Urat, Darah Tinggi / Hipertensi



Bawang putih, bawang putih tunggal, bawang putih tunggal hitam dan madu merupakan bahan yang sangat menarik untuk dipelajari karena manfaatnya yang begitu banyak untuk kesehatan tubuh manusia.

Saya ingin mengajak anda untuk membaca dan mempelajari manfaat bahan-bahan ini dari sumber-sumber yang bisa dipercaya.

1. Bawang putih tunggal

1.1. Sekilas Tentang Bawang Putih Tunggal

Bawang Putih Tunggal
Bawang Putih Tunggal

Bawang putih tunggal, dikenal juga sebagai single clove garlic, bawang lanang, bawang mutiara, pada dasarnya adalah bawang putih (Allium sativum).

Bawang putih tunggal menawarkan keunggulan, dibandingkan dengan bawang putih biasa, karena sangat cepat dan mudah dikupas.[1]

Bawang  lanang  adalah  bawang  putih  (Allium  sativum Linn.) yang  hanya  terdiri  atas  satu  siung  (single  bulb  garlic).  

Berdasarkan dari  jumlah  siungannya,  bawang  putih  dibagi  menjadi  dua  kelompok, yaitu  bawang  putih  yang  memiliki  banyak  siung  (multi  bulb  garlic) dan  bawang  putih  yang  memilki  satu  siung  (single  bulb  garlic). 

Meskipun sama–sama bawang putih, namun antara single bulb garlic dan multi  bulb  garlic bila  dilihat  dari  karakteristik  organoleptiknya memiliki  perbedaan  mulai  dari  warna,  rasa,  bau,  maupun  teksturnya. 

Pada single  bulb  garlic memiliki  warna  krim  kuning  keputihan,  bau yang  sangat  kuat  dan  tajam,  baunya  sangat  kuat  karena  kandungan aliaceous dan tekstur berupa serbuk kasar. 

Sedangkan pada multi bulb garlic memiliki  warna  krim  yang  kekuningan,  rasa  yang  tajam,  bau yang  khas  karena  kandungan alliceous, serta  tekstur  berupa  serbuk kasar.

Bawang  lanang  yang  hanya  terdiri  dari  satu  siung  adalah bawang  putih  biasa  yang  tumbuh  pada  lingkungan  yang  tak  sesuai. 

Oleh  karena  itu,  bawang  ini  tak  berkembang  dengan  baik,  dan  hanya berkembang dengan memiliki satu siung saja.

Bawang lanang merupakan varietas yang terbentuk secara tidak sengaja karena lingkungan  penanaman  yang  tidak  cocok.  Hal  ini  disebabkan  karena gagalnya  pertumbuhan  tunas  utama[2]

1.2. Kandungan Gizi Bawang Putih Tunggal

Dengan memahami bahwa bawang putih tunggal pada dasarnya adalah bawang putih maka Kandungan gizi bawang putih / bawang putih tunggal adalah sebagai berikut

Tabel 1 [3]

ZAT GIZI PER 100 GRAM
Air 6.6 gram
Energi 122.0 Kkal
Protein 7.0 gram
Lemak 0.3 gram
Karbohidrat 25.0 gram
Serat 1.1 gram
Kalsium 26.0 miligram
Fosfor 109.0 miligram
Besi 1.2 miligram

Komposisi kandungan zat gizi dalam 100 gram bawang putih (Allium sativum) Sumber : Tindall (1986) 

Tabel 2 [3]

NO KOMPONEN NILAI GIZI KETERANGAN
1 PROTEIN 4.50 gram
2 LEMAK 0.20 gram
3 KARBOHIDRAT 23.10 gram
4 KALSIUM 42.00 gram
5 FOSFOR 134.00 gram
6 BESI 1.00 gram
7 VITAMIN B1 0.22 gram
8 VITAMIN C 15.00 gram

9 AIR 71.00 gram
10 KALORI 95.00 gram

berdasarkan keterangan dari Direktorat Gizi Dep Kes RI, 1992, kandungan gizi bawang putih (Bagian yang dapat dimakan 88 %) adalah sebagai berikut

Tabel 3 [4]

GIZI SATUAN JUMLAH
Air g 58,58
Energi kkal 149
Protein g 6,36
Total lipid g 0,50
Karbohidrat g 33,06
Serat g 2,1
Total gula g 1,00
MINERAL

Kalsium mg 181
Besi  mg 1,70
Magnesium mg 25
Fosfor mg 153
Potasium mg 401
Sodium mg 17
Zinc mg 1,16
LIPID

Total asam lemak jenuh g 0,089
Total asam lemak tidak jenuh-mono g 0,011
Total asam lemak tidak jenuh-poly g 0,249
Total asam lemak trans g 0,000
Kolesterol mg 0
VITAMIN

Vit C mg 31,2
Tiamin mg 0,200
Riboflavin mg 0,110
Niacin mg 0,700
Vit B6 mg 1,235
Folat ug 3
Vit B12 ug 0,00
Vit A, RAE ug 0
Vit A, IU IU 9
Vit E mg 0,08
Vit D (D2+D3) ug 0,0
Vit D IU 0
Vit K ug 1,7

Kandungan gizi pada 100 gram bawang putih berdasar data dari Sumber: United States Departemen of Agriculture,USDA (2016)

Tabel 4 [3]

KOMPONEN BIOAKTIF MANFAATNYA
Allisin zat aktif yang mempunyai daya bunuh terhadap bakteri dan daya anti radang
Alliin suatu asam amino yang bersifat antibiotik
Gurwithcrays radiasi mitogenetik yang merangsang pertumbuhan sel tubuh dan mempunyai daya peremajaan pada semua fungsi tubuh
Antihemolytic factor faktor anti lesu darah atau anti kekurangan sel-sel darah merah
Antiarthritic factor faktor antirematik
Sugar regulating factor faktor pengatur pembakaran gula secara normal efisien dalam tubuh, menunjang untuk pengobatan diabetes
Allitiamin suatu sumber ikatan-ikatan biologi yang aktif serta vitamin B1
Selenium suatu mikro mineral yang merupakan faktor yang bekerja sebagai antioksidan. Selenium juga mencegah terbentuknya gumpalan darah yang dapat menyumbat pembuluh darah jantung dan otak
Germanium seperti selenium, germanium merupakan mineral anti kanker yang ampuh, yang dapat menghambat dan memusnahkan sel-sel kanker dalam tubuh
Antioksidan anti racun atau pembersih darah dari racun-racun bakteri ataupun polusi logam-logam berat
Metilallil trisulfida mencegah pengentalan darah yang dapat menyumbat pembuluh darah jantung dan otak

Komponen bioaktif pada bawang putih dan manfaatnya.

Penelitian lain menyebutkan komponen bioaktif dan manfaatnya sebagai berikut: [5]

Komponen Bioaktif bawang putih:

Diallyl sulfide (DAS)

Diallyl disulfide (DADS)

Diallyl trisulfide (DATS)

Allicin

S-allyl-cysteine

Alliin

E-ajoene

Z-ajoene

Manfaat sebagai berikut:

Antioksidan

Anti peradangan

Anti mikroba

Meningkatkan sistem imun

Anti hipertensi

Anti hiperlipidemik

Melindungi jantung

Anti kanker

1.3. Manfaat Bawang Putih Tunggal Untuk Kesehatan Ibu Hamil

Ibu hamil
Ibu hamil

Bawang putih dianggap aman selama kehamilan asalkan dikonsumsi dalam jumlah kecil. 

Bawang putih aman untuk dikonsumsi pada awal kehamilan karena makanan yang dimakan pada fase ini akan memiliki efek yang lebih rendah pada janin dibandingkan dengan trimester berikutnya.

Pada trimester kedua dan ketiga bawang putih dapat menyebabkan dua efek samping utama - menurunkan tekanan darah dan mengencerkan darah - bila dikonsumsi secara berlebihan. 

Oleh karena itu, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter / ahli gizi Anda sebelum memasukkan bawang putih tunggal ke dalam diet kehamilan Anda. Dokter Anda akan dapat memberi tahu Anda tentang jumlah aman bawang putih yang dapat Anda konsumsi.

Umumnya, mengonsumsi dua hingga empat siung bawang putih segar aman. Ini setara dengan 600 hingga 1.200 miligram (mg) ekstrak bawang putih.[6]

1.3.1. Bawang putih / bawang putih tunggal diketahui dapat membantu mencegah terjadinya preeklamsia.

Preeklamsia adalah komplikasi kehamilan yang ditandai dengan tekanan darah tinggi dan tanda-tanda kerusakan pada sistem organ lain, paling sering pada hati dan ginjal. Preeklamsia biasanya dimulai setelah 20 minggu kehamilan pada wanita yang tekanan darahnya normal.[7]

Bawang putih mengurangi risiko kondisi ini dan menurunkan kemungkinan tekanan darah tinggi dan kadar protein dalam urin.

Meskipun bawang putih dianggap sebagai ramuan yang sehat, dalam beberapa kasus, bawang putih dapat menyebabkan reaksi negatif. Berikut adalah beberapa contoh di mana Anda harus berhati-hati dengan asupan bawang putih Anda:

Bawang putih memiliki sifat pengencer darah. Ini berarti Anda bisa mengalami pendarahan lebih dari biasanya, yang bisa menjadi masalah besar terutama selama prosedur bedah atau operasi caesar.

Suplemen bawang putih dapat berinteraksi dengan obat anti pembekuan darah. Mereka berinteraksi dengan insulin, sehingga menurunkan kadar gula darah. Ini adalah alasan lain mengapa sangat penting untuk berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum memulai suplemen baru.

Terlalu banyak bawang putih dapat mengganggu sistem pencernaan Anda, dan menyebabkan masalah perut. Dalam hal ini, Anda harus menemui dokter.

Bawang putih aman dikonsumsi jika dikonsumsi dalam jumlah kecil.

1.4. Manfaat Bawang Putih Tunggal Untuk Kesehatan Penderita Diabetes

Sebuah studi baru menemukan bahwa mengonsumsi bawang putih dapat membantu menurunkan kadar gula darah pada orang yang menderita diabetes tipe 2, serta menawarkan manfaat lain dalam pengobatan kondisi metabolisme. 

Meskipun penelitian merekomendasikan penggunaan bawang putih untuk menurunkan kadar gula darah hanya di bawah bimbingan dokter Anda, hal ini dapat memberikan berbagai manfaat bagi penderita diabetes sehubungan dengan perawatan insulin dan diet mereka yang biasa.

Diketahui juga bahwa bawang putih mengandung lebih dari 400 komponen kimia, banyak di antaranya dapat membantu mencegah dan mengobati berbagai macam masalah kesehatan, termasuk senyawa allicin, allyl propyl disulfide dan S-allyl cysteine ​​sulfoxide yang meningkatkan kadar insulin dalam darah melalui pencegahan inaktivasi insulin di hati, sehingga lebih banyak insulin tersedia di dalam tubuh.

Para ilmuwan menemukan bahwa suplemen bawang putih dalam jumlah sedang dapat menawarkan manfaat bagi pasien diabetes, dan bawang putih mentah atau dimasak atau ekstrak bawang putih tua dapat membantu mengatur glukosa darah dan berpotensi menghentikan atau menurunkan efek beberapa komplikasi diabetes, serta melawan infeksi, mengurangi kolesterol jahat dan membantu melancarkan aliran darah.

Perlu disadari konsumsi bawang putih bisa menimbulkan efek samping bagi sebagian orang, atau bagi mereka yang mengkonsumsinya dalam jumlah yang berlebihan.[8]

1.5. Manfaat Bawang Putih Tunggal Untuk Kesehatan Bagi Pria

Bawang putih tunggal dikenal untuk meningkatkan potensi pada pria. Bawang putih tunggal mengandung vitamin dan nutrisi lain dalam jumlah besar, yang penting untuk sistem kardiovaskular yang sehat. 

Allicin dalam bawang putih tunggal juga memastikan jumlah sperma dalam tubuh pria tetap sehat. 

Untuk mencapai hasil yang optimal, bawang putih tunggal harus dikonsumsi mentah, tetapi juga dapat dimasukkan ke dalam makanan seperti sup bawang putih panggang,sambal bawang,  udang bawang putih atau roti bawang putih.[9]

1.6. Manfaat Bawang Putih Tunggal Untuk Kesehatan Asam Lambung

Bawang putih bisa menjadi pemicu keasaman yang sangat besar bagi sebagian orang. 

Jika Anda mengalami sakit maag yang parah dan ketidaknyamanan setelah mengonsumsi bawang putih dalam bentuk apa pun, coba hindari makan bawang putih mentah.[10]

Jika Anda mengalami refluks asam yang parah, sebaiknya hindari makan banyak bawang putih, terutama dalam bentuk mentah. 

Jika Anda tidak ingin berhenti mengonsumsi bawang putih, konsultasikan dengan dokter Anda untuk menentukan apakah ini pilihan untuk Anda.

Dokter mungkin menyarankan Anda mengonsumsi sedikit bawang putih dan mencatat reaksi yang mungkin Anda alami selama seminggu. Dari sana, Anda dapat menilai gejala apa pun yang Anda alami dan mengidentifikasi makanan pemicunya.[11]

Bonnie Taub-Dix, MA, RD, berkata, "Beberapa orang dengan sakit maag tidak cocok dengan bawang putih atau bawang bombay." 

Taub-Dix, juru bicara American Dietetic Association, adalah ahli gizi di praktik swasta di New York City dan Woodmere, N.Y. "Semuanya sangat individual," katanya. 

Untuk menghindari mulas, dia menawarkan saran berikut: "Buatlah catatan makanan untuk membantu Anda melacak makanan yang menjadi penyebab mulas Anda, dan mencoba mengembangkan daftar makanan yang aman." [12]

1.7. Manfaat Bawang Putih Tunggal Untuk Kesehatan Asam Urat

Data penelitian menunjukkan bahwa konsentrasi urea dan asam urat meningkat pada tikus diabetes tetapi menurun pada tikus diabetes yang diobati dengan ekstrak bawang putih.[13]

Bawang putih adalah obat yang luar biasa untuk asam urat. Bawang putih membantu menghilangkan kelebihan asam urat dari tubuh.[14]

1.8. Manfaat Bawang Putih Tunggal Untuk Kesehatan Darah Tinggi/Hipertensi

Bawang putih (Allium sativum) adalah sayuran yang telah digunakan sebagai obat alami penurun tekanan darah sejak zaman kuno.

Penelitian terbaru menunjukkan bawang putih tampaknya menjadi obat yang sangat efektif melawan tekanan darah tinggi. 

Faktanya, beberapa penelitian melaporkan bawang putih tunggal sama efektifnya dengan obat penurun tekanan darah standar - dengan efek samping yang jauh lebih sedikit.

Satu ulasan uji coba terkontrol secara acak (RCT) melaporkan bahwa suplemen bawang putih dapat mengurangi tekanan darah sistolik dan diastolik (angka atas dan bawah pembacaan) masing-masing sebesar 6,7 dan 4,8 mmHg, tanpa efek samping yang serius. .

Studi yang termasuk dalam ulasan tersebut memberi peserta 188-2.400 mg suplemen bubuk bawang putih atau ekstrak bawang putih per hari dan berlangsung selama 8-12 minggu.

Beberapa penelitian mendukung hasil ini, dengan banyak laporan penurunan tekanan darah mulai dari 2,5–11,2 mm Hg setelah mengonsumsi 600–2.400 mg bubuk bawang putih per hari selama 8–24 minggu.

Allicin, senyawa aktif utama dalam bawang putih, dianggap berperan besar dalam menurunkan tekanan darah pada bawang putih.

Penelitian menunjukkan bahwa allicin dapat mencegah produksi angiotensin II, senyawa yang bertanggung jawab untuk meningkatkan tekanan darah dengan menyebabkan pembuluh darah Anda mengencang atau berkontraksi.

Dengan mencegah produksi angiotensin II, efek allicin membuat darah Anda lebih mudah mengalir dengan bebas, sehingga mengurangi tekanan darah Anda.

Allicin juga tampaknya meningkatkan produksi atau ketersediaan hidrogen sulfida dan oksida nitrat, dua senyawa penting untuk mengatur tingkat tekanan darah.

Selain itu, para ahli percaya bahwa sifat anti-inflamasi dan antioksidan bawang putih dapat lebih berkontribusi pada kemampuan bawang putih untuk mengurangi atau mencegah kenaikan tingkat tekanan darah.

Perlu dicatat bahwa meskipun efek penurun tekanan darah bawang putih tampak universal, efek tersebut tampak paling besar pada orang dengan tekanan darah tinggi, dibandingkan dengan mereka yang tekanan darahnya dalam kisaran normal. [15]

2. Bawang Putih Tunggal Hitam

2.1.Sekilas Sejarah Bawang Putih Tunggal Hitam

ASAL MUASAL BAWANG PUTIH HITAM TIDAK DIKETAHUI. MENURUT BEBERAPA SUMBER, BAWANG HITAM BERASAL DI KOREA LEBIH DARI 4.000 TAHUN YANG LALU. MENURUT ORANG LAIN, DI JEPANG. 

Dari mana pun asalnya, bawang putih hitam adalah bahan yang sangat populer di masakan asia timur, terutama di jepang di mana dianggap sebagai makanan yang fungsional (makanan dengan manfaat kesehatan).

Bawang putih hitam, kuro ninniku dalam bahasa Jepang, adalah bawang putih biasa (dari varietas allium sativum) yang diolah dalam kondisi khusus - dipanaskan pada suhu rendah, antara 60 hingga 77 ° C (140 hingga 170 ° F), dengan a tingkat kelembapan 70% hingga 90%, setidaknya selama 2 minggu dan hingga 60 hari. 

Transformasi rasa, tekstur, dan warna siung bawang putih adalah hasil dari karamelisasi yang sangat lambat ini, yang dikenal sebagai 'reaksi Maillard', reaksi kimia antara gula dan protein yang terjadi selama memasak makanan. Saat daging bawang berubah warna menjadi coklat hitam, kulit luarnya tetap putih.[16]

2.2. Kandungan Bawang Putih Tunggal Hitam

Manfaat bawang putih tunggal hitam paling banyak didapatkan dari berbagai senyawa bioaktif di dalamnya yang memiliki sifat antioksidan, seperti polifenol, fenol, alkaloid, flavonoid, dan s-allylcysteine (SAC).

Selain itu, bawang putih tunggal hitam juga mengandung berbagai nutrisi, seperti asam amino, karbohidrat, serat, zat besi, zinc, kalium, sulfur, magnesium, fosfor, kalsium, serta vitamin C, B1, B2, B3, dan B6.[17]

2.3. Manfaat Bawang Putih Tunggal Hitam Untuk Kesehatan Ibu Hamil

Tekanan darah tinggi dan preeklamsia adalah dua komplikasi terkait kehamilan yang paling berbahaya. 

Jika tidak terdeteksi dan segera ditangani, dapat menyebabkan keguguran, kelahiran prematur, atau bahkan kematian janin. 

Oleh karena itu wanita perlu menjaga pola makan yang sehat, aktivitas sedang, melakukan pemeriksaan kehamilan secara berkala. 

Selain itu, ibu hamil juga sebaiknya menggunakan bawang putih tunggal hitam untuk meminimalkan risiko terjadinya komplikasi berbahaya tersebut. 

Penelitian terbaru yang diterbitkan dalam European Journal of Obstetrics menunjukkan bahwa wanita hamil yang menggunakan suplemen bawang putih hitam dalam makanan sehari-hari dapat secara signifikan mengurangi risiko tekanan darah tinggi selama kehamilan.

Meskipun bawang putih hitam merupakan makanan yang bermanfaat bagi ibu hamil, namun harus dikonsumsi dengan hati-hati. 

Ibu hamil sebaiknya hanya menggunakan 2-3 siung bawang putih hitam besar sehari untuk meningkatkan daya tahan tubuh, menjaga kualitas tidur yang baik, dan mengurangi risiko hipertensi pada kehamilan. 

Ibu hamil dapat menggunakan bawang putih tunggal hitam dengan berbagai cara seperti: dalam masakan sehari-hari, dikonsumsi langsung atau ditambahkan ke dalam minuman favorit mereka, dll.

Wanita hamil juga harus berkonsultasi dengan dokter kandungan untuk mengetahui jumlah bawang putih hitam yang sesuai setiap hari untuk menjaga kesehatan ibu dan janin.[18]

2.4. Manfaat Bawang Putih Tunggal Hitam Untuk Kesehatan Penderita Diabetes

Suatu studi menggunakan hewan di Korea menemukan bahwa penambahan ekstrak bawang hitam bisa membantu menurunkan kadar gula darah. Tidak hanya itu, penelitian tersebut juga mendapati bahwa bawang hitam mampu menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida.

Manfaat tersebut diduga karena bawang putih mengandung SAC dan kandungan antioksidan yang tinggi. Memang, bawang hitam kaya akan antioksidan, bahkan dipercaya mengandung kadar antioksidan dua kali lipat dibandingkan dengan bawang putih. Adanya zat antioksidan pada suatu bahan makanan diduga berkaitan dengan penurunan risiko diabetes dan membantu mencegah terjadinya komplikasi akibat penyakit tersebut.[19]

Kesimpulannya, bawang putih hitam tua memberikan efek antioksidan yang lebih kuat daripada bawang putih in vitro dan pada tikus diabetes, menunjukkan bahwa bawang putih dan bawang putih hitam tua, secara lebih luas, dapat berguna dalam mencegah komplikasi diabetes.[20]

2.5. Manfaat Bawang Putih Tunggal Hitam Untuk Kesehatan Darah Tinggi/Hipertensi

Bawang Putih Hitam merupakan hasil fermentasi bawang putih yang dapat digunakan sebagai obat herbal untuk mengatasi hipertensi. Berdasarkan hasil analisis fitokimia pada bawang hitam terdapat beberapa kandungan kimiawi seperti allicin, S-allyl Cystein, flavonoid, dan hidrogen sulfida. Kandungan SAC, allicin, flavonoid dan hidrogen sulfida pada bawang hitam merupakan senyawa yang dapat digunakan untuk menurunkan tekanan darah.[21]

3. Madu

Madu adalah Cairan emas kental yang dihasilkan oleh lebah yang rajin, madu dibuat dengan menggunakan nektar tanaman berbunga dan disimpan di dalam sarang lebah untuk dimakan selama masa paceklik.[22]

3.1. Sekilas Sejarah Tentang Madu

Sejarah Madu setua sejarah tertulis, berasal dari tahun 2100 SM. 

Disebutkan dalam tulisan-tulisan paku Sumeria dan Babilonia, kode Het, dan tulisan suci India dan Mesir. 

Nama madu (honey) berasal dari bahasa Inggris hunig, dan merupakan pemanis pertama dan paling banyak digunakan oleh manusia.

Madu sangat dihargai dan sering digunakan sebagai bentuk mata uang, upeti, atau persembahan. Pada abad ke-11 M, para petani Jerman membayar tuan feodal mereka dengan madu dan lilin lebah. 

Di masa lalu, madu digunakan tidak hanya dalam makanan dan minuman, tetapi juga untuk membuat semen, pemoles dan pernis furnitur, dan untuk tujuan pengobatan.[23]

3.2. Kandungan Gizi Madu

Kandungan gizi madu berdasarkan data dari USDA adalah sebagai berikut: [24]

Tabel 5 Nilai nutrisi per 100 g (3,5 oz)

Energi 1272 kJ(304kcal)
Karbohidrat 82.4 g
Gula 82.4 g
Serat pangan 0.2 g
Lemak 0 g
Protein 0.3 g
Air 17.10 g
Riboflavin (Vit. B2) 0.038 mg (3%)
Niasin (Vit. B3) 0.121 mg (1%)
Asam Pantotenat (B5) 0.068 mg (1%)
Vitamin B6 0.024 mg (2%)
Folat (Vit. B9) 2ug (1%)
Vitamin C 0.5 mg (1%)
Kalsium 6 mg (1%)
Besi 0.42 mg (3%)
Magnesium 2 mg (1%)
Fosfor 4 mg (1%)
Kalium 52 mg (1%)
Natrium 4 mg (0%)
Zink 0.22 mg (2%)

3.3. Manfaat Madu Untuk Kesehatan Ibu Hamil

Ada dua pendapat mengenai konsumsi madu bagi ibu hamil.

3.3.1. Pendapat pertama sebagai berikut:

Anemia merupakan permasalahan yang sering kali menyertai kehamilan. Anemia yang paling banyak terjadi saat kehamilan adalah anemia gizi. 

Anemia gizi merupakan masalah gizi mikro terbesar dan merupakan salah satu penyebab kematian ibu saat melahirkan. Sekitar 75% anemia gizi dalam kehamilan disebabkan oleh defisiensi besi. 

Anemia defisiensi besi disebabkan oleh ketidakseimbangan pola makan dalam mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi dengan kebutuhan didalam tubuh dan ganguan absorpsi besi pada usus karena infeksi peradangan, neoplasma pada gaster, duedonum maupun jejenum. 

Anemia akibat defisiensi zat besi juga sering terjadi karena terdapat peningkatan kebutuhan zat besi dua kali lipat pada ibu hamil. Kurangnya besi berpengaruh dalam pembentukan hemoglobin, sehingga konsentrasinya dalam sel darah merah berkurang. Hal ini akan mengakibatkan tidak kuatnya pengangkutan oksigen keseluruh jaringan tubuh. 

Oleh karena itu, pada anemia gizi defisiensi besi diperlukan zat yang dapat membentuk hemoglobin. Vitamin C berfungsi mereduksi besi ferri (Fe3+) menjadi ferro (Fe2+) dalam usus halus sehingga mudah diabsorpsi. 

Vitamin C juga menghambat pembentukan hemosiderin yang sulit dimobilisasi untuk membebaskan zat besi bila diperlukan oleh tubuh. 

Di dalam sumsum tulang zat besi digunakan untuk membentuk hemoglobin. Sumsum tulang memerlukan prekursor seperti zat besi, vitamin C, vitamin B12, kobalt dan hormon untuk pembentukan sel darah merah dan hemoglobin. Zat besi (Fe) dan vitamin C merupakan faktor yang berhubungan dengan pembentukan sel darah merah dan hemoglobin dalam darah. 

Madu mengandung vitamin C, vitamin A, besi (Fe), dan vitamin B12 yang berfungsi sebagai pembentukan sel darah merah dan hemoglobin. Sehingga mengkonsumsi madu dapat mencegah anemia defisiensi besi pada ibu hamil.[25]

3.3.2. Pendapat kedua sebagai berikut:

Hindari madu, madu mungkin mengandung bakteri penyebab botulisme atau racun lain yang bisa berbahaya bagi ibu hamil dan menyusui. Racun ini juga berpotensi membahayakan bayi Anda yang sedang berkembang atau bayi di bawah 1 tahun. Anda harus menghindari makan madu saat Anda hamil, dan Anda juga harus menghindari memberikan madu kepada anak di bawah 1 tahun.[26]

3.4. Manfaat Madu Untuk Kesehatan Penderita Diabetes

Ingatlah bahwa madu lebih manis dari pada gula. Jika Anda mengganti gula dengan madu, Anda hanya perlu sedikit.

Karena madu dapat mempengaruhi gula darah, hindari madu dan pemanis lainnya sampai diabetes Anda terkendali.

Madu harus dikonsumsi dalam jumlah sedang. Bicaralah dengan penyedia layanan kesehatan Anda sebelum menggunakannya sebagai pemanis tambahan.

Jika diabetes Anda terkontrol dengan baik dan Anda ingin menambahkan madu ke dalam diet Anda, pilih madu murni, organik, atau mentah alami. Jenis ini lebih aman bagi penderita diabetes karena madu alami tidak memiliki tambahan gula.[27]

Para ahli dulu merekomendasikan agar penderita diabetes menghindari semua makanan dengan tambahan gula. Sekarang beberapa orang mengatakan tidak apa-apa untuk memakannya dalam jumlah kecil sebagai bagian dari diet sehat. Tetapi jika Anda mengonsumsi insulin, sangat penting untuk menghitung jumlah karbohidrat (termasuk madu) yang Anda konsumsi setiap hari. Itu membantu Anda menentukan dosis insulin yang tepat yang harus Anda konsumsi.

Menjaga jumlah karbohidrat dan serat yang Anda makan juga dapat membantu Anda menjaga gula darah agar tidak terlalu tinggi. Bahkan jika Anda mengonsumsi insulin, gula darah tinggi dapat menyebabkan masalah kesehatan seiring waktu. Itulah mengapa sebaiknya membatasi madu. Bicaralah dengan pendidik diabetes, dokter, atau ahli diet yang mengkhususkan diri pada diabetes untuk mengetahui seberapa aman bagi Anda.[28]

3.5. Manfaat Madu Untuk Kesehatan Bagi Pria

Beberapa manfaat kesehatan madu dikhususkan untuk pria. Penelitian menunjukkan bahwa hanya dengan tiga ons madu dapat secara signifikan meningkatkan kadar oksida nitrat dalam darah. 

Selain mencegah penyakit kardiovaskular dan meningkatkan efektivitas olahraga, oksida nitrat juga merupakan bahan kimia di balik ereksi penis. Ketika oksida nitrat dilepaskan oleh lapisan pembuluh darah selama aktivitas fisik dan gairah, aliran darah meningkat. 

Itu mungkin juga mengapa banyak ahli homeopati merekomendasikan jahe dan madu untuk disfungsi ereksi.[29]

4. Saran sajian konsumsi bawang putih tunggal dan bawang putih tunggal hitam.

Dalam sehari konsumsi 2-4 siung saja.

Konsumsi setelah makan.

Bisa dikreasikan dalam sambal bawang mentah.


Sumber bahan

1. https://en.wikipedia.org/wiki/Solo_garlic

2. http://web.stfm.ac.id/repository/files/disk1/1/gdl-20181022-000314---vidyanuris-20-3-2018s1-2.pdf

3. http://tekpan.unimus.ac.id/wp-content/uploads/2013/07/KHASIAT-DAN-PENGOLAHAN-BAWANG.pdf

4. https://jurnalpangan.com/index.php/pangan/article/download/399/325

5. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6678835/

6. https://www.momjunction.com/articles/garlic-while-you-are-pregnant_00366811/

7. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/preeclampsia/symptoms-causes/syc-20355745

8. https://www.diabetes.co.uk/news/2011/oct/garlic-could-benefit-diabetes-management,-according-to-study-94312684.html

9. https://timesofindia.indiatimes.com/life-style/food-news/ghee-v/s-butter-which-one-is-better/articleshow/69374164.cms

10. https://cashkaro.com/blog/is-garlic-acidic-does-garlic-help-in-acidity/61606

11. https://www.healthline.com/health/digestive-health/garlic-acid-reflux#takeaway

12. https://www.webmd.com/heartburn-gerd/features/top-10-heartburn-foods#1

13. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5539014/

14. https://food.ndtv.com/health/7-natural-home-remedies-for-gout-1650166

15. https://www.healthline.com/nutrition/garlic-for-blood-pressure

16. https://www.japan-experience.com/to-know/chopsticks-at-the-ready/kuro-ninniku-black-garlic

17. https://www.alodokter.com/segudang-manfaat-bawang-hitam-bagi-kesehatan

18. https://toidenlinhdan.com/en/use-of-the-black-garlic/linh-dan-vietnam-black-garlic-provides-excellent-health-benefits-for-pregnant-mothers.html

19. https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3630322/mengungkap-manfaat-bawang-hitam-untuk-penderita-diabetes

20. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2788179/

21. https://ejournal.unjaya.ac.id/index.php/mik/article/view/304

22. https://www.livescience.com/37611-what-is-honey-honeybees.html

23. https://www.thespruceeats.com/honey-history-1807611

24. https://id.wikipedia.org/wiki/Madu

25. https://juke.kedokteran.unila.ac.id/index.php/majority/article/view/556

26. https://www.healthline.com/health/food-safety-pregnancy

27. https://www.healthline.com/health/diabetes/honey-and-diabetes

28. https://www.webmd.com/diabetes/honey-diabetes

29. https://ashevillebeecharmer.com/blog/honey-aphrodisiac-natural-boost-sweeten-love-life/

Sumber gambar

https://www.popmama.com/life/health/sarrah-ulfah/manfaat-bawang-putih-tunggal-untuk-kesehatan

https://web.facebook.com/Black-Garlic-Bawang-Putih-Tunggal-Hitam-111694240323254/

https://health.kompas.com/read/2020/07/08/193400368/10-manfaat-madu-untuk-kesehatan-tubuh?page=all

https://www.beritasatu.com/kesehatan/617849/bagaimana-pengaruh-virus-corona-pada-ibu-hamil

Posting Komentar untuk "Apa Manfaat Bawang Putih Tunggal Hitam Dan Madu Untuk Kesehatan Ibu Hamil, Penderita Diabetes, Bagi Pria, Asam Lambung, Asam Urat, Darah Tinggi"