Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kegemukan, penyebab dan resiko kesehatan | intermittent fasting | menurunkan berat badan | obesitas | diet puasa

 KEGEMUKAN, PENYEBAB DAN RESIKONYA

Definisi kegemukan atau obesitas adalah kondisi medis yang ditandai dengan kelebihan lemak tubuh, yang dapat berdampak negatif pada kesehatan dan mengurangi harapan hidup. 

kegemukan penyebab dan resiko kesehatan

Kegemukan umumnya diidentifikasi berdasarkan Indeks Massa Tubuh (IMT). Seseorang dianggap mengalami obesitas jika memiliki IMT lebih dari 30 kg/m² menurut WHO. Namun, menurut Kementerian Kesehatan RI, seseorang dikatakan mengalami obesitas ringan apabila memiliki IMT antara 25,1—27 dan obesitas berat apabila memiliki IMT di atas 27.

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan kegemukan, yaitu:

Asupan kalori yang berlebihan

Meskipun manusia membutuhkan kalori sebagai sumber energi, namun asupan yang berlebihan akan menyebabkan kegemukan. Sebab, kalori yang berlebihan tersebut akan tersimpan di dalam tubuh sebagai jaringan lemak untuk cadangan energi.

Kurang aktivitas fisik

Kurang aktivitas fisik dapat menyebabkan kegemukan atau obesitas. Jika Anda mengkonsumsi energi dalam jumlah tinggi, terutama lemak dan gula, tetapi tidak membakar energi melalui olahraga dan aktivitas fisik, sebagian besar energi berlebih akan disimpan oleh tubuh sebagai lemak.

Genetik

Faktor genetik dapat menyebabkan kegemukan pada sebagian orang. Menurut Obesity Medicine Association, genetik atau keturunan berkontribusi pada 40 – 70% kasus obesitas.

Obat-obatan tertentu

Ada beberapa jenis obat yang dapat menyebabkan kenaikan berat badan sebagai efek samping. Beberapa obat-obatan tersebut dapat meningkatkan nafsu makan seseorang, yang mengakibatkan kenaikan berat badan yang signifikan dan akhirnya kegemukan pun terjadi. Ada juga obat-obatan yang mempengaruhi distribusi lemak hingga perubahan hormon yang memengaruhi nafsu makan.

Beberapa contoh obat yang dapat menyebabkan kenaikan berat badan adalah obat antidepresan seperti citalopram, fluoxetine, fluvoxamine, mirtazapine, paroxetine, dan sertraline. Obat mood stabilizer seperti clozapine, litium, olanzapine, quetiapine, dan risperidone juga dapat menyebabkan kenaikan berat badan. Obat khusus diabetes seperti glimepiride, glipizid, glyburide, insulin, nateglinide, pioglitazon, dan repaglinid juga dapat menyebabkan kenaikan berat badan.

Namun perlu diingat bahwa tidak semua orang yang mengonsumsi obat-obatan tersebut pasti mengalami pertambahan berat badan.

Kondisi medis tertentu

Beberapa kondisi medis tertentu dapat menyebabkan kegemukan. Beberapa kondisi tersebut meliputi:

* Sindrom Prader-Willi: Ini adalah kondisi genetik yang menyebabkan rasa lapar yang berlebihan dan kesulitan mengontrol berat badan.

* Sindrom Bardet-Biedl: Ini adalah kondisi genetik yang menyebabkan kelainan mata, ginjal, dan sistem saraf, serta obesitas.

* Sindrom Cushing: Ini adalah kondisi yang disebabkan oleh terlalu banyak hormon kortisol dalam tubuh, yang dapat menyebabkan penambahan berat badan.

* Sindrom polycystic ovary (PCOS): Ini adalah kondisi hormonal yang menyebabkan ketidaksuburan, pertumbuhan rambut berlebihan, dan obesitas.

* Hipotiroidisme: Ini adalah kondisi yang disebabkan oleh kelenjar tiroid yang tidak menghasilkan cukup hormon, yang dapat menyebabkan penambahan berat badan.

Gangguan psikologis

Depresi

Ada bukti bahwa depresi berkorelasi dengan kenaikan berat badan. Sebuah penelitian tahun 2010 yang dipublikasikan di American Journal of Public Health menemukan bahwa orang yang merasa sedih dan kesepian lebih cepat naik berat badannya daripada yang tidak sedih. Apalagi, obat anti depresan dapat menyebabkan kenaikan berat badan. Jika Anda mengalami depresi, Anda memiliki risiko lebih tinggi mengalami obesitas. Bahkan, bahaya depresi dapat meningkatkan risiko obesitas hingga 58 persen.

Stres

Stres dapat menjadi salah satu penyebab kegemukan. Ketika seseorang merasa stres, mereka mungkin tidak menyadari bahwa mereka makan terlalu banyak.

Gangguan tidur

Gangguan tidur bisa menjadi salah satu penyebab kegemukan. Kurang tidur bisa membuat metabolisme sekaligus pencernaan menjadi terhambat. Setiap manusia membutuhkan waktu tidur selama 8-9 jam per hari yang merupakan waktu tidur ideal.

Resiko kesehatan yang dihadapi penderita kegemukan

Resiko kesehatan jika kita mengalami kegemukan (obesitas) dapat sangat beragam dan serius. Berikut adalah beberapa risiko kesehatan yang dapat timbul akibat kegemukan berdasarkan informasi dari berbagai sumber yang diberikan:

1. Risiko diabetes tipe 2: Orang dengan kelebihan berat badan atau obesitas memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami diabetes tipe 2. Sekitar 8 dari 10 orang dengan diabetes tipe 2 memiliki kelebihan berat badan atau obesitas. Kondisi ini dapat menyebabkan masalah kesehatan lain, seperti penyakit jantung, stroke, penyakit ginjal, masalah mata, dan kerusakan saraf. Untuk mencegah atau menunda diabetes tipe 2, disarankan untuk menurunkan 5 hingga 7 persen dari berat badan tubuh dan menjaga aktivitas fisik yang teratur.

2. Risiko penyakit jantung: Obesitas meningkatkan risiko penyakit jantung, termasuk tekanan darah tinggi yang dapat menyebabkan serangan jantung, stroke, penyakit ginjal, dan kematian. 

3. Risiko kolesterol dan gangguan glukosa darah: Kegemukan juga dapat menyebabkan perubahan kadar lemak dalam darah dan glukosa darah yang tidak normal, yang meningkatkan risiko penyakit jantung. 

4. Risiko beberapa jenis kanker: Obesitas telah terkait dengan peningkatan risiko terkena beberapa jenis kanker tertentu. 

5. Risiko masalah pernapasan: Obesitas dapat menyebabkan masalah pernapasan, termasuk sleep apnea obstruktif, di mana saluran napas terblokir selama tidur, mengganggu pola tidur dan berpotensi menyebabkan komplikasi kesehatan lainnya. 

6. Risiko osteoarthritis: Berat badan berlebih menempatkan tekanan tambahan pada tulang dan sendi, yang dapat menyebabkan masalah seperti osteoarthritis dan nyeri serta kekakuan sendi.

7. Risiko gangguan psikologis: Kegemukan juga dapat berkontribusi pada masalah psikologis seperti depresi dan kecemasan. 

8. Risiko lainnya: Kegemukan juga dapat menyebabkan masalah kesehatan lain seperti gout, gangguan hormonal, dan penyakit hati berlemak nonalkoholik. 


SUMBER:

(1) Kegemukan - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas. https://id.wikipedia.org/wiki/Kegemukan.

(2) Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan - kemkes.go.id. https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/429/obesitas.

(3) Obesitas - Gejala, penyebab dan mengobati - Alodokter. https://www.alodokter.com/obesitas.

(4) Obesitas Adalah: Pengertian, Arti dan Definisinya - Depkes.org. https://www.depkes.org/blog/obesitas/.

(5) Definisi kegemukan - Kegemukan atau obesitas adalah suatu kondisi medis .... https://www.studocu.com/id/document/universitas-surabaya/biology/definisi-kegemukan/46962531.

(6) Ketahui Klasifikasi Obesitas dengan Pengukuran IMT - Hello Sehat. https://hellosehat.com/nutrisi/obesitas/klasifikasi-obesitas/.

(7) Kenali IMT (Indeks Massa Tubuh) Ciri-ciri Obesitas - Kompas.com. https://health.kompas.com/read/2022/03/06/060100268/kenali-imt-indeks-massa-tubuh-ciri-ciri-obesitas.

(8) Pengukuran Indeks Massa Tubuh (IMT), Akurat atau Tidak? - HonestDocs. https://www.honestdocs.id/pengukuran-indeks-massa-tubuh-%28imt%29-akurat-atau-tidak.

(9) GAMBARAN IMT (INDEKS MASSA TUBUH) KATEGORI BERAT BADAN LEBIH DAN ... - UNUD. https://repositori.unud.ac.id/protected/storage/upload/penelitianSimdos/e7be6137e35fb5f1ef16a543e13fa83f.pdf.

(10) Apakah Karbohidrat Bikin Gemuk? Cari Tahu Jawabannya!. https://rey.id/blog/kesehatan/hidup-sehat/apakah-karbohidrat-bikin-gemuk/.

(11) 7 Penyebab Obesitas dan Faktor Risikonya | Helo Sehat. https://hellosehat.com/nutrisi/obesitas/penyebab-obesitas/.

(12) 10 Makanan Penyebab Obesitas yang Membahayakan Tubuh - Hello Sehat. https://hellosehat.com/nutrisi/obesitas/makanan-penyebab-obesitas/.

(13) Jangan Berlebihan, Ini Risiko Makan Makanan Tinggi Lemak dan Kalori. https://wolipop.detik.com/health-and-diet/d-3010060/jangan-berlebihan-ini-risiko-makan-makanan-tinggi-lemak-dan-kalori.

(14) Pengaruh Genetik Terhadap Berat Badan - Tanya Alodokter. https://www.alodokter.com/komunitas/topic/gemuk-karena-faktor-genetik.

(15) HUBUNGAN AKTIVITAS FISIK DENGAN KEJADIAN KEGEMUKAN PADA SISWA SMK ... - UM. http://journal2.um.ac.id/index.php/sport-science/article/download/7936/3765.

(16) 7 Penyebab Obesitas dan Faktor Risikonya | Helo Sehat. https://hellosehat.com/nutrisi/obesitas/penyebab-obesitas/.

(17) 18 Kebiasaan Penyebab Kegemukan dan Cara Mengatasinya. https://halosehat.com/penyakit/obesitas/kebiasaan-penyebab-kegemukan.

(18) Kegemukan - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas. https://id.wikipedia.org/wiki/Kegemukan.

(19) 9 Faktor Utama Penyebab Kegemukan - AIDO. https://aido.id/health-articles/9-faktor-penyebab-kegemukan/detail.

(21) Mengenal Obesitas Genetik, Kegemukan dari Keturunan - Hello Sehat. https://hellosehat.com/nutrisi/obesitas/badan-gemuk-akibat-genetik/.

(22) 7 Penyebab Obesitas dan Faktor Risikonya | Helo Sehat. https://hellosehat.com/nutrisi/obesitas/penyebab-obesitas/.

(23) Faktor terbesar yang dapat menyebabkan kegemukan a... - Roboguru. https://roboguru.ruangguru.com/forum/faktor-terbesar-yang-dapat-menyebabkan-kegemukan-adalah-faktor-genetik-keturunan-dan-pola_FRM-12TAHOV0.

(24) 7 Jenis Obat yang Punya Efek Samping Menggemukkan Badan - Hello Sehat. https://hellosehat.com/obat-suplemen/jenis-obat-bisa-bikin-gemuk/.

(25) 7 Jenis Obat dengan Efek Samping sebagai Obat Gemuk Badan. https://www.alodokter.com/obat-obatan-ini-ternyata-berefek-samping-sebagai-obat-gemuk-badan.

(26) Obat-obatan yang Punya Efek Samping Bikin Gemuk - detikHealth. https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-1913802/obat-obatan-yang-punya-efek-samping-bikin-gemuk.

(27) Prader-Willi Syndrome - Gejala, penyebab dan mengobati - Alodokter. https://www.alodokter.com/sindrom-prader-willi.

(28) Sindrom Prader Willi - Gejala, Penyebab, dan Pengobatan | Halodoc. https://www.halodoc.com/kesehatan/sindrom-prader-willi.

(29) Ciri-ciri Prader Willi Syndrome, Kondisi yang Dialami ... - detikHealth. https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-5516382/ciri-ciri-prader-willi-syndrome-kondisi-yang-dialami-anak-oki-setiana-dewi.

(30) Penyakit Sindrom Prader-Willi - Kompas.com. https://health.kompas.com/penyakit/read/2022/02/18/060000668/sindrom-prader-willi.

(31) Prader Willi Syndrome (Sindrom Prader Willi) - Hello Sehat. https://hellosehat.com/parenting/kesehatan-anak/penyakit-pada-anak/sindrom-prader-willi/.

(32) Penyakit langka: Sindrom Bardet Biedl | Darurat Langsung - Emergency Live. https://emergency-live.com/id/kesehatan-dan-keselamatan/penyakit-langka-sindrom-bardet-biedl/.

(33) Kegemukan - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas. https://id.wikipedia.org/wiki/Kegemukan.

(34) Síndrome de Bardet-Biedl - Wikipedia, la enciclopedia libre. https://es.wikipedia.org/wiki/S%C3%ADndrome_de_Bardet-Biedl.

(35) Bardet–Biedlov sindrom - Wikipedia. https://bs.wikipedia.org/wiki/Bardet%E2%80%93Biedlov_sindrom.

(36) Sindrom Bardet Biedl Simptomi, uzroci, liječenje - Thpanorama. https://hr.thpanorama.com/articles/trastornos-mentalespsicopatologa/sndrome-de-bardet-biedl-sntomas-causas-tratamiento.html.

(37) Sindrom Cushing: Di Balik Kegemukan Akibat Efek Stres. https://www.deherba.com/sindrom-cushing.html.

(38) 9 Bahaya Sindrom Cushing yang Tidak Dapat Diremehkan. https://halosehat.com/penyakit/sindrom-cushing/bahaya-sindrom-cushing.

(39) Sindrom Cushing - Gejala, penyebab dan mengobati - Alodokter. https://www.alodokter.com/sindrom-cushing.

(40) PENGERTIAN SINDROM CUSHING - ARTI DEFINISI PENGERTIAN. https://arti-definisi-pengertian.info/pengertian-sindrom-cushing/.

(41) . https://bing.com/search?q=Sindrom+polycystic+ovary+%28PCOS%29+menyebabkan+kegemukan.

(42) Polycystic Ovarian Syndrome (PCOS) - Alodokter. https://www.alodokter.com/pcos.

(43) Sindrom Ovarium Polikistik: Gejala, Obat, dll. • Hello Sehat. https://hellosehat.com/wanita/pcos/pcos-adalah/.

(44) Sindrom Polikistik Ovarium - Gejala, Penyebab, dan Pengobatan - Halodoc. https://www.halodoc.com/kesehatan/sindrom-polikistik-ovarium-pcos.

(45) Yuk , Kenali Hipotiroidisme Sedini Mungkin! - Retizen. https://retizen.republika.co.id/posts/213158/yuk-kenali-hipotiroidisme-sedini-mungkin.

(46) Hipotiroidisme - Gejala, penyebab dan mengobati - Alodokter. https://www.alodokter.com/hipotiroidisme.

(47) Hipotiroidisme: Gejala, Penyebab, dan Pengobatan - Hello Sehat. https://hellosehat.com/sehat/gejala-umum/hipotiroidisme-hipotiroid/.

(48) Hipotiroidisme - Penyebab, Gejala, Pengobatan - KlikDokter. https://www.klikdokter.com/penyakit/masalah-tiroid/hipotiroidisme.

(49) 7 Jenis Penyakit yang Dapat Menyebabkan Kegemukan - detikHealth. https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-1916220/7-jenis-penyakit-yang-dapat-menyebabkan-kegemukan.

(50) 12 Bahaya Depresi, dari yang Ringan hingga Berat - DokterSehat. https://doktersehat.com/psikologi/kesehatan-mental/merenungkan-lagi-bahaya-depresi/.

(51) Kegemukan? Depresi? Bisa Jadi Mikroba Penyebabnya - VOA Indonesia. https://www.voaindonesia.com/a/kegemukan-depresi-bisa-jadi-mikroba-penyebabnya/4452166.html.

(52) 18 Kebiasaan Penyebab Kegemukan dan Cara Mengatasinya. https://halosehat.com/penyakit/obesitas/kebiasaan-penyebab-kegemukan.

(53) Kegemukan dan obesitas disebabkan oleh kecemasan, stres dan depresi .... https://id.nature-via.com/overweight-and-obesity-caused-by-anxiety-stress-and-depression.

(54) 4 Hal Yang Bisa Menyebabkan Gemuk Namun Jarang Disadari. https://www.fimela.com/beauty/read/3754672/4-hal-yang-bisa-menyebabkan-gemuk-namun-jarang-disadari.

(55) Kenapa Stres Memicu Kegemukan? Ini Jawaban Ilmiahnya. https://www.celebrities.id/read/kenapa-stres-memicu-kegemukan-ini-jawaban-ilmiahnya-3q8CK0.

(56) 7 Tanda Stres yang Muncul di Tubuh, Otot Kaku hingga Kegemukan - Kompas.com. https://lifestyle.kompas.com/read/2023/05/15/081839720/7-tanda-stres-yang-muncul-di-tubuh-otot-kaku-hingga-kegemukan.

(57) 18 Kebiasaan Penyebab Kegemukan dan Cara Mengatasinya. https://halosehat.com/penyakit/obesitas/kebiasaan-penyebab-kegemukan.

(58) HUBUNGAN TINGKAT STRES DAN ASUPAN ZAT GIZI MAKRO TERHADAP ... - Binawan. https://journal.binawan.ac.id/JAKAGI/article/download/118/112/.

(59) 18 Kebiasaan Penyebab Kegemukan dan Cara Mengatasinya. https://halosehat.com/penyakit/obesitas/kebiasaan-penyebab-kegemukan.

(60) Gangguan Tidur - Gejala, penyebab dan mengobati - Alodokter. https://www.alodokter.com/gangguan-tidur.

(61) Kurang Tidur Menyebabkan Kegemukan - KlikDokter. https://www.klikdokter.com/gaya-hidup/sehat-bugar/kurang-tidur-menyebabkan-kegemukan.

(62) Gangguan Tidur - Jenis, Penyebab dan Cara Mengatasi - HaloSehat. https://halosehat.com/penyakit/gangguan-tidur/gangguan-tidur.

[63](https://www.niddk.nih.gov/health-information/weight-management/adult-overweight-obesity/health-risks)].

[64](https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/obesity/symptoms-causes/syc-20375742)]

[65](https://www.cdc.gov/obesity/basics/consequences.html)].

[66](https://medlineplus.gov/ency/patientinstructions/000348.htm)].

[67](https://www.webmd.com/obesity/obesity-health-risks)].

Posting Komentar untuk "Kegemukan, penyebab dan resiko kesehatan | intermittent fasting | menurunkan berat badan | obesitas | diet puasa"