Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Bawang Putih Bagi Penderita Ambeien

1. Definisi Ambeien.

Ambeien atau sering juga disebut wasir, dalam bahasa Inggris disebut hemorrhoid. Mari kita mencari definisi dari penyakit ambeien ini.

Manfaat Bawang Putih Bagi Penderita Ambeien
Manfaat Bawang Putih Bagi Penderita Ambeien
Wasir atau ambeien adalah kondisi patologis membengkak atau meradangnya Hemorrhoid, struktur vaskular dalam saluran anus yang membantu kontrol buang air besar. [1]

Ambeien adalah pelebaran vena di dalam pleksus hemorroidalis yang tidak merupakan keadaan patologik. Hemorrhoid merupakan pembengkakan submukosa pada lubang anus yang mengandung pleksus vena, arteri kecil, dan jaringan areola yang melebar. [2]

Ambeien adalah penyakit di mana terjadi pembengkakan pembuluh darah pada daerah anus atau dubur. Hal ini terjadi karena terjadi peningkatan tekanan dalam pembuluh darah vena di sekitar anus atau dubur sehingga menghalangi aliran darah menuju anus. Penyakit ambeien bisa disebabkan oleh seseorang yang susah buang air besar atau seseorang yang duduk dalam keadaan yang sama, lama, dan sering. Bisa juga terjadi karena terlalu sering mengangkat beban berat, mengejan terlalu keras, obesitas, kebutuhan serat dalam tubuh tidak terpenuhi, batuk terus menerus, dan makan makanan terlalu pedas. [3]

2. Manfaat Bawang Putih bagi Penderita Ambeien.

Apakah bawangputih memiliki manfaat bagi penderita ambeien, apakah bisa meringankan ambeien atau menyembuhkannya? Mari kita sama - sama berpikir dan membaca secara kritis tentang hal ini, jangan sampai salah paham.

2.1. Jurnal / penelitian.

Mari kita mencoba mencari jurnal atau penelitian yang membahas secara khusus antara hubungan bawang putih dan ambeien. Sebagai bahan acuan kita bisa memakai kombinasi kata kunci berikut : bawang putih, garlic, allium sativum, ambeien, wasir, hemorrhoid. Mari kita coba di scholar.google.co.id, mesin pencari buatan google yang dikhususkan untuk pencarian karya tulis ilmiah.

Ternyata saya tidak bisa menemukan penelitian yang secara khusus membahas hubungan bawang putih dan ambeien. Saya hanya bisa menemukan kutipan - kutipan yang menyebutkan secara sekilas hubungan bawang putih dan ambeien. Dengan dasar ini, saya mengambil kesimpulan bahwa belum ada penelitian secara khusus yang membahas hubungan bawang putih dan ambeien.

2.2. Artikel yang kualitasnya bisa dipercaya.

Kita bisa merujuk dari situs yang cukup terpercaya, yang berani menuliskan nama dokter sebagai nara sumbernya, yaitu situs ALODOKTER.COM. Saya menemukan satu artikel yang menarik yang membahas tentang ambeien dan bawang putih. Ijinkan saya kopas artikelnya.

Naura0506
Anggota 11 September 2018, 11:55
Dok ada benjolan yg keluar di anus saya. Dan dr yg saya baca di beberapa artikel kemungkinan saya menderita ambeien dan saya mengolesi benjolan tsb dengan bawah putih dan ketika saya mengolesi nya dengan bawang putih anus saya terasa perih dan panas apakah itu wajar dok?

dr. Amadeo D. Basfiansa
Dokter 11 September 2018, 13:58
Selamat siang, terima kasih telah bertanya di Alodokter. Ambeien, wasir atau dalam istilah medis disebut dengan hemorrhoid, adalah kondisi dimana adanya benjolan pada area dubur, baik yang tumbuh didalam atau diluar dubur, karena adanya pelebaran pembuluh darah di area tersebut. Kondisi ini memiliki berbagai tingkat keparahan, mulai dari benjolan yang hanya terasa saja, yang menggantung keluar dan bisa masuk sendiri, yang menggantung keluar namun harus didorong untuk bisa masuk, dan yang tidak bisa masuk sama sekali.

Sebab dari kondisi ini masih belum jelas, namun erat kaitannya dengan:

Mereka yang sulit BAB atau mengalami konstipasi
Kurang makan yang mengandung serat
Kurang konsumsi air putih
Mengalami diare berkepanjangan
Sering mengejan atau terlalu lama berada di kamar mandi
Sering batuk dan mengangkat beban berat
Duduk terlalu lama
Melakukan seks anal
Riwayat keluarga dengan keluhan serupa
Riwayat keluhan sama di masa lalu
Usia tua

Sementara mengenai pertanyaan Anda, wajar jika terasa perih dan panas karena bawang memiliki kandungan tertentu yang bisa menyebabkan demikian. Bahkan mata Anda bisa perih ketika Anda mengupas bawang, apalagi jika Anda mengoleskannya langsung. Namun untuk khasiatnya sendiri dalam mengatasi ambeien, kami tidak bisa memastikannya karena memang belum ada penelitian yang cukup untuk mengetahuinya.

Saran kami, lebih baik Anda konsultasikan masalah Anda langsung kepada dokter bedah, untuk dilakukan pemeriksaan dan ditentukan penanganan terbaik, terutama bila Anda sudah mencoba terapi menggunakan bawang dan tidak menunjukkan perubahan. Jika Anda takut dioperasi, maka Anda berhak menolak anjuran dari dokter Anda.

Sementara itu, perbanyak minum air, makan makanan berserat yang mengandung biji-bijian, sereal, buah dan sayuran, jangan duduk terlalu lama, jangan mengangkat beban berat, dan segera tangani jika Anda mengalami batuk. Sekian, semoga menjawab pertanyaan Anda. [4]

Nah, dari kondisi diatas, kita bisa membuat kesimpulan sementara sebagai berikut
1. Belum ada penelitian yang khusus tentang hubungan bawang putih dan ambeien.
2. Kemungkinan cerita bawang putih dan ambeien adalah "katanya".
3. Kebanyakan situs yang menyatakan bawang putih bisa mengobati ambeien, tidak menyertakan sumber rujukan yang jelas.

Cukup sekian dulu ya, semoga berguna.

Catatan tambahan
1. Saya bukan ahli dibidang kesehatan.
2. Tulisan saya ini hanya sebagai bahan belajar saja.
3. Jangan menjadikan tulisan saya sebagai panduan pengobatan.
4. Semua LINK sudah saya tes dan masih menyala saat artikel saya terbitkan.

Sumber:
1. Wasir. (2019). Id.wikipedia.org. Retrieved 8 June 2019, from [ LINK ]

2. Ambeien - Penyebab, Jenis, Gejala, Cara Mengobati - Dokter Sehat. (2019). Doktersehat.com. Retrieved 8 June 2019, from [ LINK ]

3. 9 Cara mengobati ambeien dengan cepat tanpa operasi | merdeka.com. (2019). merdeka.com. Retrieved 8 June 2019,from [ LINK ]

4. Kegunaan bawang putih untuk obat ambeien. (2018). Alodokter. Retrieved 9 June 2019, from  [ LINK ]

Posting Komentar untuk "Manfaat Bawang Putih Bagi Penderita Ambeien"